Belajar
adalah usaha yang dilakukan secara sadar untuk merubah sikap dan tingkah laku
individu. Dalam upaya mencapai perubahan tingkah laku dibutuhkan motivasi.
Dalam kegiatan belajar, motivasi merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam
diri yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dari kegiatan
belajar. Motivasi merupakan salah satu faktor yang mendorong siswa untuk mau
belajar. Motivasi belajar dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu motivasi
instrinsik (keadaan keadaan yang berasal dari dalam diri siswa sendiri yang
dapat mendorongnya melakukan tindakan belajar) dan motivasi ekstrinsik (keadaan
yang datang dari luar individu siswa yang mendorongnya untuk melakukan kegiatan
belajar). Motivasi belajar adalah merupakan faktor psikis yang bersifat non
intelektual. Seseorang yang mempunyai intelegensi yang cukup tinggi, bisa gagal
karena kurang adanya motivasi dalam belajarnya.Ada tidaknya motivasi belajar
sangat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Keberhasilan belajar akan
tercapai apabila pada diri adanya kemauan dan dorongan untuk belajar.
Proses
belajar mengajar adalah interaksi positif antara guru dan siswa untuk mencapai
tujuan pembelajaran. Keberhasilan belajar mengajar sangat ditentukan oleh
pencapaian tujuan pembelajaran. Pembelajaran merupakan kegiatan utama dalam
proses pendidikan di sekolah dan keberhasilan pendidikan tergantung pada
efektivitas pembelajaran. Pembelajaran dapat diartikan sebagai perubahan perilaku
yang disebabkan oleh pengalaman dan melibatkan keterampilan kognitif dan sikap
dalam mencapai tujuan pendidikan. Pembelajaran efektif terjadi ketika interaksi
antara guru dan siswa aktif dan tujuan yang diharapkan tercapai dalam waktu
yang telah ditentukan.
Berkaitan
dengan mencapai sasaran pembelajaran dan pendidikan, meningkatkan motivasi
belajar siswa merupakan tugas penting bagi semua guru, termasuk guru bimbingan
dan konseling. Pembelajaran akan berjalan efektif ketika siswa memiliki
motivasi untuk belajar. Guru harus berusaha sebaik mungkin agar siswa
termotivasi untuk belajar. Maka dari itu, motivasi belajar menjadi kunci
penting dalam mencapai sasaran pembelajaran. Motivasi belajar harus muncul
dalam diri siswa sehingga mereka termotivasi untuk belajar.
0 comments:
Posting Komentar