Jumat, 12 April 2024

PERAN GURU BK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

 

Belajar adalah usaha yang dilakukan secara sadar untuk merubah sikap dan tingkah laku individu. Dalam upaya mencapai perubahan tingkah laku dibutuhkan motivasi. Dalam kegiatan belajar, motivasi merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar. Motivasi merupakan salah satu faktor yang mendorong siswa untuk mau belajar. Motivasi belajar dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu motivasi instrinsik (keadaan keadaan yang berasal dari dalam diri siswa sendiri yang dapat mendorongnya melakukan tindakan belajar) dan motivasi ekstrinsik (keadaan yang datang dari luar individu siswa yang mendorongnya untuk melakukan kegiatan belajar). Motivasi belajar adalah merupakan faktor psikis yang bersifat non intelektual. Seseorang yang mempunyai intelegensi yang cukup tinggi, bisa gagal karena kurang adanya motivasi dalam belajarnya.Ada tidaknya motivasi belajar sangat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Keberhasilan belajar akan tercapai apabila pada diri adanya kemauan dan dorongan untuk belajar.

Proses belajar mengajar adalah interaksi positif antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Keberhasilan belajar mengajar sangat ditentukan oleh pencapaian tujuan pembelajaran. Pembelajaran merupakan kegiatan utama dalam proses pendidikan di sekolah dan keberhasilan pendidikan tergantung pada efektivitas pembelajaran. Pembelajaran dapat diartikan sebagai perubahan perilaku yang disebabkan oleh pengalaman dan melibatkan keterampilan kognitif dan sikap dalam mencapai tujuan pendidikan. Pembelajaran efektif terjadi ketika interaksi antara guru dan siswa aktif dan tujuan yang diharapkan tercapai dalam waktu yang telah ditentukan.

Berkaitan dengan mencapai sasaran pembelajaran dan pendidikan, meningkatkan motivasi belajar siswa merupakan tugas penting bagi semua guru, termasuk guru bimbingan dan konseling. Pembelajaran akan berjalan efektif ketika siswa memiliki motivasi untuk belajar. Guru harus berusaha sebaik mungkin agar siswa termotivasi untuk belajar. Maka dari itu, motivasi belajar menjadi kunci penting dalam mencapai sasaran pembelajaran. Motivasi belajar harus muncul dalam diri siswa sehingga mereka termotivasi untuk belajar.

 

0 comments:

Posting Komentar