Senin, 14 Juli 2025

Komponen Cakap Dalam Berkomonikasi

Salah satu komponen penting yang dapat meningkatkan Komunikasi Efektif adalah Berkomunikasi dengan Cakap. Ya, kecakapan dalam berkomunikasi sangat diperlukan agar komunikasi kita menjadi efektif. Namun, belum cukup hanya bisa Berkomunikasi dengan Cakap saja. Tetapi, Anda harus bisa mengorganisir komunikasi terlebih dahulu. Pada artikel sebelumnya, KomunikasiEfektif.com sudah pernah membahas artikel terkait dengan Serial Komunikasi Efektif yang berjudul Serial Komunikasi Efektif #2 : Organisir Komunikasi Anda

Seperti yang kita tahu, Berkomunikasi dengan Cakap tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tetapi butuh praktek agar menjadi habit (kebiasaan).

1. Atur Kenyamanan Pendengar

Anda bisa melakukan hal ini sebelum masku ke dalam percakapan atau presentasi Anda. Ini terkadang dapat dimulai dengan cerita lucu favorit. Hal ini membantu pendengar mengidentifikasi Anda sebagai seseorang yang bertindak seperti mereka dan memiliki persoalan sehari-hari yang sama.

2. Pandailah Mengolah Kata



Hal ini penting untuk menyampaikan pesan Anda dengan jelas dan tegas sehingga pesan yang Anda sampaikan bisa membuat setiap pendengar bisa mengerti. Kata-kata Anda dikenang karena orang langsung mengerti apa yang Anda katakan. Hal ini memerlukan Anda memilih kata-kata yang jelas dan menggunakan kata-kata sederhana daripada yang lebih kompleks.

3. Katakan dengan Jelas



Berbicaralah dengan tingkat volume yang jelas untuk didengar dan hindari tampil sebagai pembicara yang terlalu tenang atau lepas kontrol. Berhati-hati dalam mengucapkan masalah pokok sehingga Anda bisa menghindari segala bentuk kesalahpahaman. Bergumam adalah kebiasaan defensif yang bisa menyebabkan Anda jatuh ke dalam  ketakutan berkomunikasi, Anda bisa berlatih berbicara  di rumah atau di depan cermin. Terkadang, cara terbaiknya adalah dengan mendiskusikan apa yang Anda ingin komunikasikan dengan orang-orang terdekat yang Anda rasa nyaman untuk diajak sharing. Hal ini membantu memperkuat pesan dalam pikiran Anda sendiri. Sadarilah bahwa setiap praktek atau penyempurnaan dari kata-kata Anda akan membantu Anda dalam membangun kepercayaan diri.

4. Jadilah pendengar yang baik



Menjadi pendengar yang aktif. Ingat bahwa komunikasi adalah jalan dua arah dan saat Anda berbicara, Anda tidak belajar. Dengan aktif mendengarkan, Anda akan dapat mengukur berapa banyak pesan Anda sampai ke pendengar Anda dan apakah benar atau tidak itu pesan Anda diterima dengan baik. Jika audiens Anda tampaknya bingung, ini sering membantu untuk meminta pendengar untuk merefleksikan kembali sebagian dari apa yang Anda katakan, tetapi dengan kata-kata mereka sendiri. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi dan memperbaiki pandangan keliru tentang apa yang telah Anda maksudkan saat berkomunikasi.

Cek perasaan pendengar. Hal ini akan mendorong mereka untuk terbuka, dan membantu mereka merasa lebih baik jika mereka kecewa.

0 comments:

Posting Komentar