Konseling kelompok, aktivitas dan
dinamika kelompok harus diwujudkan untuk membahas berbagai hal yang berguna
bagi pengembangan atau pemecahan masalah peserta didik yang menjadi peserta
layanan. Dalam layanan konseling kelompok dibahas melalui suasana dinamika
kelompok secara intens dan konstruktif, diikuti oleh semua anggota kelompok di
bawah bimbingan pemimpin kelompok (pembimbing atau konselor). Konseling
kelompok dapat dimaknai sebagai suatu upaya pembimbing atau konselor membantu memecahkan
masalah-masalah pribadi yang dialami oleh masing-masing anggota kelompok
melalui kegiatan kelompok agar tercapai perkembangan yang optimal.
Guru selain berperan sebagai
pengajar juga berperan sebagai pendidik dan pembimbing. Guru sebagai pembimbing
merupakan peran yang sangat penting, guru harus meberikan bantuan siswa yang
dibutuhkan siswa dalam upaya penyesuaian dirinya dengan lingkungan sekolah dan
juga membantu siswa dalam memecahkan persoalan yang dihadapi. Guru dalam
membimbing dapat melalui sebuah bimbingan maupun sebuah konseling.
Bimbingan dan konseling
menetapkan salah satu layanan konseling kelompok yang diselenggarakan di
sekolah. Layanan konseling kelompok adalah suatu upaya pemberian bantuan kepada
siswa dalam suasana kelompok yang bersifat pencegahan dan penyembuhan. Melalui
layanan konseling kelompok ini dapat membentuk sikap dan perilaku yang baik
sehingga siswa dapat berkembang secara optimal. Konseling kelompok bersifat
memberikan kemudahan dalam pertumbuhan dan perkembangan individu, dalam arti
bahwa konseling kelompok memberikan dorongan dan motivasi kepada individu untuk
membuat perubahan-perubahan atau bertindak dengan memanfaatkan potensi secara
maksimal.
Editor: AJ
Camera: Zain
0 comments:
Posting Komentar