Jumat, 16 September 2022

Mengendalikan Emosi Pada Remaja

  

APERSEPSI

Pengendalian diri atau penguasaan diri (Self Regulation) merupakan satu aspek penting dalam kecerdasan emosi (Emotional Quotient). Aspek ini penting sekali dalam kehidupan manusia, sebab musuh terbesar manusia bukan berada di luar dirinya namun justru berada dalam dirinya sendiri. Dengan demikian, kemanapun seseorang pergi, maka orang tersebut selalu diikuti oleh "Musuhnya". Pengendalian diri atau penguasaan diri merupakan aspek yang perlu dilatih sejak dini, sebab tiadak ada asapek kemampuan untuk meguasai diri yang turun dari langit, melainkan diperoleh dari proses yang panjang dalam pengalaman hidup selama berhubungan dengan orang-orang sekitar.

TENTANG KECERDASAN EMOSI

Emosi adalah suatu hal yang begitu saja terjadi dalam hidup manusia. Dalam hal ini manusia menganggap bahwa perasaan marah, takut, sedih, benci, cinta, antusias, bosan, dan sebagainya adalah akibat dari sekedar respon manusia terhadap berbagai peristiwa yang terjadi dalam hidupnya. 

Membahas soal emosi maka sangat erat kaitannya dengan kecerdasan emosi itu sendiri dimana merupakan kemampuan seseorang untuk memotivasi diri sendiri, bertahan menghadapi frustasi, mengendalikan dorongan hati (gembira, sedih, marah dan sebagainya) dan melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan mampu mengendalikan stres. Kecerdasan emosional juga mencakup kesadaran diri dan kendali dorongan hati, ketekunan, semangat dan motivasi diri, empati dan kecakapan sosial. 

Kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk mengenali perasaan diri sendiri, perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiridan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain.

PENYEBAB EQ TINGGI

Menurut Daniel Goleman ada beberapa kemampuan yang menyebabkan seseorang mempunyai EQ tinggi, yaitu :

1. Kemampuan memahami atau mengenali emosi diri, yaitu kesadaran diri untuk mengenali perasaan pada waktu perasaan itu terjadi.

2. Kemampuan mengelola emosi, yaitu mampu menangani perasaan agar perasaan dapat terungkap dengan tepat.

3. Kemampuan memotivasi diri, yaitu kemampuan untuk menata emosi untuk mencapai tujuan, selalu meyakinkan diri sendiri, bergairah dan antusias.

4. Kemampuan mengenali emosi orang lain, yaitu kemampuan untuk dapat berempati terhadap orang lain.

5. Kemampuan untuk membina hubungan, yaitu kemampuan untuk dapat menularkan perasaan positif kepada        
orang lain.

MANFAAT PENGENDALIANDIRI 

Tanpa disadari, meskipun terlihat sederhana namun upaya-upaya untuk mengendalikan diri tersebut mampu menuai banyak manfaat apabila kita berhasil untuk mengendalikan diri. Manfaat yang diperoleh dari keberhasilan seseorang dalam mengendalikan dirinya antara lain, kita jadi mampu untuk meningkatkan kesabaran sebab dengan kesabaran dapat meningkatkan komunikasi positif dilingkungan masyarakat sehingga diperoleh suasana tenang. Akan lebih menimbangkan pencukupan kebutuhan hidup yang sesuai dengan kemampuan diri dan meningkatkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Dan mengurangi rasa gelisah, cemas, iri, dan tidak puas yang dapat terjadi pada semua tingkatan.  




0 comments:

Posting Komentar